Drone Teknologi Serba Fungsi

Advertisements
Advertisements
Drone Teknologi Serba Fungsi - Drone atau pesawat tanpa awak baru-baru ini ngetren di indonesia, drone di indonesia banyak digunakan sebagai alat jurnalis, peliputan berita oleh reporter, dengan drone akan lebih leluasa ketika meliput berita yang diperlukan ketinggian seperti terjadinya macet, banjir, dan demonstrasi, drone dapat mencakup jangkauan luas, jika meliput menggunakan heli akan lebih mahal jadi drone menjadi sebuah solusi. dalam wikipedia drone merupakan ide yang muncul pada era tahun 1849 abad ke 19 sebelum perang dunia 1 yang dirujuk dari CTIE Monash University dan pertama kali digunakan 22 Agustus 1849.

Drone pada tahun 1961 dirancang oleh Archibald Low dengan radio kontrol yang dibuat untuk menyerang balik kapal udara jerman zeppelin selama perang dunia 1, saat itu drone dibuat dengan kayu dan timah tetapi drone tidak berhasil karena suaranya menghalangi sinyal radio, kemudian Sopwith Aircraft Company mencoba berkreasi dengan menempatkan peralatan radio dibelakang pesawat tepat diekor agar mesin tidak mengganggu sinyal radio kemudian pada tahun 1971 Archibald Low mencoba menerbangkan lagi drone di depan para perwira militer namun menabrak akibat kegagalan mesin dan hampir membunuh para perwira militer.

pic : dronewars.net

Dalam hal peperangan drone memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dan sangat mematikan sebab jangkauan yang dapat dicapai sangat jauh meski tanpa awak, di Negara tetangga Australia kepemilikian drone sangat diperketat mungkin untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, karena sempat ada sebuah kejadian di Kota Melbourne Maret 2014 lalu, dimana Drone digunakan untuk menyelundupkan narkoba ke penjara.

Di negara kita indonesia drone atau (PTTA) Pesawat Terbang Tanpa Awak diproduksi oleh PT. Dirgantara Indonesia, PT. UAV Indo, PT. Globalindo Teknologi Service Indonesia, PT. RAI (Robo Aero Indonesia) PTAviator dan PT. Carita dan pembuatannya untuk kepentingan olahraga kedirgantaraan, dalam pengembangannya dimanfaatkan untuk pesawat pengintai, pemantau sasaran/obyek dari udara, diantara drone yang pernah diciptakan adalah PUNA oleh BBPT, UAV LSU 02 Lapan, UAV Sriti, PUNA Alap-alap, PUNA Gagak, Puna Pelatuk, PUNA Wulung.


Baru-baru ini seperti yang diberitakan Liputan6.com bahwa NASA (The National Aeronautics adn Space Administration) mengungkap bahwa misteri kehidupan di mars yang masih berlanjut, maka NASA membuat prototipe Drone yang akan diterbangkan di planet tersebut, Drone tersebut diberi nama Prandtl-m yang merupakan singkatan dari (Preliminary Research Aerodynamic Design to Land on Mars), drone akan digunakan untuk mengungkap apakah ada jejak kehidupan dan bisakah mars ditinggali untuk manusia, drone iini tidak seperti pada umumnya yang berbentuk heli namun lebih mirip seperti bomerang

pic : www.nasa.gov

Kemampuan Drone Prandtl-m mampu terbang dengan jarak terjauh 20mil diatas 200 dpm diatas pemukaan masrs, dengan berat 2,6 Kg, Drone rencananya akan diterbangkan pada tahun 2022, dan tahun depan akan diuji coba di bumi.

Demikian informasi teknologi kali ini tentang Drone Teknologi Serba Fungsi Semoga menambah pengetahuan tentang teknologi, semoga bermanfaat.
Advertisements

Artikel Terkait Drone Teknologi Serba Fungsi :

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

< >