Cara Menghapus Komentar Disqus yang Terinstal

Advertisements
Advertisements
Sempat beberapa hari yang lalu web ini mengalami kendala disaat mengaplikasikan komentar disqus, pada blog ini memiliki tiga platform komentar yakni blogger, disqus dan facebook, dengan tiga komentar tersebut berharap banyak yang ikut berpartisipasi dengan memberikan komentar saran maupun kritikan yang membangun.

 Cara Menghapus Disqus yang Terinstal

Saat mengaktifkan tiga komentar tersebut diatas mulanya tidak ada kendala namun saat melihat hasilnya yang muncul hanyalah komentar blog dan facebook sedangkan disqus tidak mau muncul, kemudian saya mencoba mencari refrensi tentang cara mengaktifkan komentar disqus, setelah mendapatkannya segera saya mengaplikasikan pada blog ini.

Step by step saya lakukan dengan seksama lalu tibalah saat menginstal komentar disqus di blogger, langkah-lagkahnya tidak terlalu sulit tapi butuh untuk dimengerti, setelah terinstal saya mencoba membuka komentar disqus ternyata terinstal dengan baik tetapi ada kesalahan yang mengakibatkan komentar blogger hilang, saat memilih untuk berkomentar diblogger yang muncul adalah komentar disqus dan saat memilih komentar disqus malahan isinya kosong, untuk komentar facebook tetap tidak bermasalah.

Karena saya belum puas saya mencoba mencari tau apa penyebabnya, setelah mencari beberapa refrensi kebanyakan membahas tentang bagaimana memasang disqus, sangat sedikit sekali yang membahas bagaimana cara menghapus disqus yang terlanjur terinstal karena kekeliruan.

Oleh karena itu saat ini saya akan memberikan pengalaman saya bagaimana cara menghapus komentar disqus dan untuk memasangnya kembali agar benar, perlu diketahui disqus adalah tool komentar yang sangat bagus dan digemari oleh para blogger karena banyak memiliki keunggulan misalnya responsive, import eksport komentar dapat digunakan dalam mencari backlink dan membuat forum diskusi untuk blog yang anda miliki dan juga disqus memiliki filter anti spam.

Saya sangat tertarik dengan disqus maka saya menginstal pada blog ini, jika sobat ingin menginstal banyak tutorial yang memberikan caranya tinggal anda cari yang menurut sobat pas dan mudah dipahami, disqus tidak dapat ditambahkan dengan widget karena otomatis diinstal dari disqus, sehingga kadang komentar blog hilang, sebenarnya bukan hilang tetapi tersembunyi.

Jika kasus diatas terjadi pada sobat cobalah cara dibaha ini :
1. Buka menu dasboard
2. Pilih nama blog yang mau dihapus disqusnya
3. Pilih menu template, sebelum diedit ada baiknya menyimpan template cadangan mengantisipasi jika terjadi kegagalan atau error dengan mengunduh template
4. Jika sudah siap klik menu edit template
5. Cari kata disqus, supaya tidak sulit gunakan control +  f
6. Cari kode ini sampai ketemu
<b:widget id='HTML4' locked='false' title='Disqus nama blog' type='HTML'>...</b:widget>
itulah kode komentar disqus yang harus dihapus, jangan diklik pada titik disamping widget karena akan melebar dan membuat sulit untuk menghapusnya, jika sudah ketemu hapuslah kode pada HTML tersebut lalu simpan, yang perlu diingat adalah widget pembuka dan penutup agar tidak error maka harus tepat menghapusnya, lalu klik save
7. Setelah dihapus dan berhasil maka komentar disqus akan hilang dan kembali pada komentar blogger semula, namun jika ingin memasangnya lagi anda tinggal instal pada akun disqus sobat.

Demikian tentang bagaimana Cara Menghapus Disqus yang Terinstal selamat mencoba dan semoga berhasil.
Advertisements

Artikel Terkait Cara Menghapus Komentar Disqus yang Terinstal :

6 komentar

Sip. makasih gan

Terima kasih telah berkunjung ke blog yang sederhana ini mas ade mulyawan, Semoga dapat membantu

Gimana ya mbak masak ga ngerti juga cara menghapus disqus padahal nyarinya kode dah muter-muter
ini blog saya http://dokumen-guru.blogspot.com/ minta tolong bantuannya

pasti ada kok mbak mungkin hanya melebar saja kodenya, dipersempit pasti ketemu, sepertinya sudah berhasil menghapus y mbak

Tapi komentar lama hilang ya mba..huhu

Pengalaman saya sih komentar pada blog tidak hilang, tapi tersembunyi coba mas aktifkan komentar Google+ pasti akan muncul komentar blog.., hanya pindah saja ke Komentar G+

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

< >