Cara Lengkap Membuat KK Baru, Penambahan, Pengurangan, Perubahan, Hilang atau Rusak

Advertisements
Advertisements
cakwajir | Administrasi kependudukan sangatlah penting bagi kita, seperti Kartu Keluarga (KK) dan E-KTP, sebab identitas kependudukan tersebut akan terus digunakan untuk mengurus berbagai dokumen yang lainnya, misalnya saja untuk menikah, untuk membuat pasport, pinjam BANK, kredit kepemilikan rumah (KPR), membuat rekening tabungan, naik kereta api, membuat SIM, daftar simcard dan masih banyak lagi

Untuk pembuatan E- KTP syaratnya sudah berusia 17 tahun sama dengan persyaratan usia memiliki SIM, lalu apa yang harus didahulukan KK atau E-KTP? masyarakat sering kebingungan dengan pertanyaan tersebut, nah kali ini akan kita bahas dan kita perjelas

Pemerintah telah berupaya untuk membuat dokumen kependudukan semakin canggih, salah satunya dengan E-KTP, upaya ini dilakukan untuk menghindari kecurangan dan tindak kejahatan yang dilakukan oleh oknum - oknum yang tidak bertanggung jawab untuk digunakan sebagai alat penipuan, pemalsuan, dan penggandaan, maka dengan adanya E-KTP diharapkan semua penduduk hanya memiliki satu identitas tunggal saja

biaya kartu keluarga, waktu pembuatan kartu keluarga, cara membuat kartu keluarga, prosedur pembuatan kartu keluarga, pecah kartu keluarga, kartu keluarga baru menikah
source : msenaluphdika


E-KTP tidak bisa digandakan seperti KTP sebelumnya, dikarenakan
  1. E-KTP terdapat data scan retina
  2. E-KTP terdapat data Scan sidik jari
  3. Adapun isi dari E-KTP adalah Nama lengkap, Tempat Tanggal Lahir, Jenis Kelamin, Alamat, Agama, Pekerjaan, Status, Kewarganegaraan, Masa belaku, foto, tanda tangan, NIK
  4. E-KTP mempunyai chips yang tidak dapat dipalsukan
  5. Berlaku Nasional
Bagaimana membuat E-KTP? membuat E-KTP persyaratannya adalah memiliki KK, kartu keluarga dikeluarkan oleh Dispendukcapil setiap kota atau kabupaten tempat kamu tinggal, didalam KK terdapat data - data identitas dalam satu keluarga, jadi jika belum menikah maka kamu akan ikut dalam KK orang tua, jika sudah menikah sebagai suami akan menjadi kepala keluarga, istri dan anak sebagai anggota keluarganya, untuk membuat KK sendiri harus melakukan pecah KK kamu bisa membacanya disini Cara Mengurus Surat Pindah dan Membuat KK Baru Untuk Yang Baru Menikah

Setiap kartu keluarga memiliki nomor seri yang berubah apabila terjadi perubahan kepala keluarga, perubahan harus segera dilaporkan dan akan dirubah susunan keluarga yang baru, waktu pelaporannya adalah 30 hari semenjak terjadi perubahan misalnya telah menikah dan menikah lagi

Pembuatan KK akan kami ulas secara lengkap sebagai berikut :
1. KK Baru
➮ Datang ke RT tempat tinggal untuk meminta surat pengantar pembuatan KK lalu diteruskan ke RW untuk di stempel
➮ Datang ke kantor Desa atau Kelurahan untuk mengisi formulir permohonan pembuatan KK baru dengan melampirkan
➮ Foto Copy surat nikah atau Akta nikah bagi yang telah menikah
➮ Surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang baru datang
➮ Selanjutnya akan diteruskan ke Kecamatan dan ke DISPENDUKCAPIL masing - masing kabupaten atau kota

2. Penambahan Anggota Keluarga dalam KK
➮ Datang ke RT untuk meminta surat pengantar tambah anggota keluarga atau jiwa lalu dilanjutkan ke RW untuk di tandatangani dan di stempel
➮ Datang ke desa atau kelurahan dengan membawa persyaratan sebagai berikut
➮ Foto Copy KK, foto copy akta kelahiran dilegalisir, coto copy akta nikah dilegalisir
➮ Kecamatan menerima seluruh berkas termasuk KK lama
➮ Dispendukcapil melakukan verifikasi
➮ Kecamatan mencetak KK baru dan ditandatangani Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

3. Perubahan Nama, Tanggal, Bulan, Tahun dan Jenis Kelamin dalam KK
➮ Datang ke kecamatan dengan membawa persyaratan Foto Copy KK, foto copy akta kelahiran dilegalisir, coto copy akta nikah dilegalisir
➮ Mengisi formulir pernyataan perubahan data kependudukan
➮ Verifikasi Dispendukcapil
➮ Kecamatan mencetak KK baru baru dan ditandatangani Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

4. Pengurangan Anggota Keluarga dalam KK 
➮ Datang ke RT untuk meminta surat pengantar perubahan kartu keluarga lalu dilanjutkan ke RW untuk di tandatangani dan di stempel
➮ Membawa persyaratan yaitu KK lama, surat kematian, surat pindah
➮ Mengisi formulir  F.1-16 di Desa / Kelurahan diteruskan ke kecamatan
➮ Kecamatan akan melakukan verifikasi dan menyampaikan berkas ke Dispenduk
➮ Kecamatan mencetak KK

5. Mengurus KK Hilang atau Rusak
➮ Menyiapkan persyaratan KK yang rusak / hilang, fc dokumen kependudukan / KTP, surat kehilangan dari polsek
➮ Datang ke RT dan RW untuk mengurus surat pengantar perubahan KK
➮ Datang ke desa dan mengisi formulir F.1-01, F.1-15 ( Formulir Biodata Penduduk, Formulir Pemohonan KK) ditandatangani lurah / kades
➮ Pemohon meneruskan ke kecamatan kemudian di verifikasi dan diterbitkan KK baru

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa identitas seperti KK dan KTP wajib dimiliki, antara KTP dan KK yang didahulukan adalah pengurusan KK kemudian KTP, biaya pembuatan KK ataupun KTP gratis, demikianlah cara lengkap membuat kk baru, penambahan, pengurangan, perubahan, hilang atau rusak semoga dapat menjadi referensi bagi kamu, jika ada pertanyaan atau masih kurang jelas mari berdiskusi di kolom komentar
Advertisements

Artikel Terkait Cara Lengkap Membuat KK Baru, Penambahan, Pengurangan, Perubahan, Hilang atau Rusak :

45 Responses to "Cara Lengkap Membuat KK Baru, Penambahan, Pengurangan, Perubahan, Hilang atau Rusak"

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi
    https://goo.gl/n57Jev

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bu bagaimana tata cara untuk tambah nama atau ganti nama kalau sudah menikah bu apa saja yang perlu saya lakukan? Trimksh

      Delete
  2. Begini ibu , saya mau membuat KK baru, saya menikah di Samarinda(alamat istri) , akta catatan sipil pernikahan sudah jadi dan Pembuatan nya di kantor Capil Samarinda, persyaratan apa saja yg saya lampirkan untuk membuat KK baru di Samarinda, sedangkan KTP saya(suami) di Maluku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak jeklin tonapa, jawabannya telah tertulis diartikel point nomor 1 pembuatan KK baru, jadi suami mbak harus membuat surat pindah datang terlebih dulu sesuai urutan RT/RW, Kel, Kec,Dispendukcapil dari tempat asal, kemudian dibawa ke alamat istri urutannya sama seperti membuat KK baru dari bawah, kemudian akan diterbitkan KK dan e-KTP baru untuk perubahan status dan domisili. yang perlu diingat adalah masing - masing daerah mungkin ada perbedaan cara pengurusan

      Delete
  3. Untuk memperbarui kk yg lama ke yg baru apakah butuh fotokopi ktp juga kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali mbak, nanti ktp aslinya ditarik jika alamat, status dari sebelumnya berubah

      Delete
  4. Assalamualaikum bu..saya mau pindah ke Papua jade saya mau keluar Dari kk Jakarta.bagaimana bu..kk yang lama isteri n anak2 tercantum Di ktp.. Saya pindah tapi mereka tidak ikut pindah

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikum salam.
      wah kalo keluar dari KK tidak bisa mas, keluar dari KK itu hanya bisa dilakukan jika cerai atau wafat.
      jadi mas saran saya membuat surat SKTS (Surat Keterangan Tinggal Sementara) atau bisa disebut juga dengan (KIPEM) Kartu Identitas Penduduk Musiman.

      Delete
  5. Mbak saya mau tanya buat akte k lahiran tu pa harus buat kk dulu, atau kk dulu baru akte k lahiran? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. KK dulu mbak, baru nanti ngurus akta kelahiran sekaligus penambahan anggota keluarga baru yaitu si anak. semoga membantu

      Delete
  6. Sya mau menanyakan sya punya 2 anak yg prtama usia 6,2tahun, yg kedua 4thn, , akte kelahiranya ikut neneknya krena saat itu sya sama suami belum punya KK untuk buat akte,, bagaimana cara memindah/ menganti nama orangtuanya saya dgn suami,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. akte kelahiran ikut nenek, apa artinya dalam akte kelahiran nenek sebagai orang tua? jika demikian maka untuk merubah harus melalui proses persidangan yang menghasirkan saksi - saksi

      Delete
  7. Mbk bgaimna cara menggati nama di akte anak yaa,, soalnya saya punya 2 anak yg 1 usia 6,2th yg ke2 usia 4thn, dulu sya blm punya kk untuk buat aktenya dan surat nikah pun wktu itu hilang dlm prose pembuatan gimn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk merubah Akta anak tidak bisa serta merta dirubah di Dispendukcapil, namun lewat pengajuan proses pengadilan setelah ada putusan maka akan diterbitkan catatan pinggir
      semoga membantu ya

      Delete
  8. halo, mau tanya dong. orang tua saya cerai dan ktp saya ikut alamat ayah. sedangkan saya ikut ibu. ketika saya ingin cek daftar pemilih utk pemilu, kk yg ibu saya buat ternyata ga terdaftar. saya harus buat baru kah agar terdaftar atau gmn? makasih sebelumnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah berkunjung
      Untuk daftar pemilih pemilu atau daftar pemilih tetap (DPT) KPU memberikan kemudahan untuk melakukan pencoblosan meski nama tidak tercantum pada DPT syaratnya membawa kartu identitas berupa EKTP atau surat keterangan yang diterbitkan DUKCAPIL

      Delete
  9. Bu gimanah kalo akte ilang kk ilang semua nya ilang mau ngurus ulang gimanah cara nya bu

    ReplyDelete
    Replies
    1. diurus satu - satu mbak/mas dari akte dulu, kk, ktp, lampirkan dokumen yg dibutuhkan dan jangan lupa surat kehilangannya

      Delete
  10. Saya lagi pengurusan pndah jiwa atau buay kk baru dan di kk orgtua saya nama saya udah di cabut dan skrng mau tes cpns harus ada kk ttpi skrng sya blm punya kk atau blm selsai pengrusan pembuatan kk baru ,jdi solusinya gmna bu/pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. mohon maaf dicabut sebab apa ya? apakah menikah? mohon diperjelas, KK seingat tidak ada penggantinya jadi coba pakai kk lama sebelum kk yang baru terbit terimakasih

      Delete
  11. Mohon maaf mau tanya, yang mana yang di urus duluan akta kelahiran anak atau menambahkan nama anak dlu ke kk? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Akta anak dulu, untuk lampiran membuat KK

      Delete
  12. Assalammualaikum mbak.
    Apakah bisa KK suami dan istri dipisah sementara dulu untuk keperluan pekerjaan? Suami dan istri KK nya masing2 dulu.
    Awalnya istri ikut suami yg sudh ttp kerja disana dan membuat KK disana.
    Kemudian si Istri kembali ke kampungny dan bekerja dkmpg dgn syart asli putra/putri wilayah it. Semntara KTP dan KK si istri sudah pindah ke provinsi lain.
    Apa boleh dipisah dulu mbak? Biar peluang si istri diterima lebih besar klw domisilnya dikembalikan ke kampung. Atau musti pindah suami istri mbak? Ini Murni krn pekerjaan bukan cerai.
    Mohon pencerahannya.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam
      Untuk masalah apakah bisa KK suami dan istri dipisah jawabannya tidak bisa mbak, jika alasan pekerjaan bisa membuat SKTS (surat keterangan pindah sementara), jika ingin KK dikembalikan ke kampung maka harus pindah suami istri mbak

      KK baru bisa dipecah jika statusnya bercerai/meninggal

      Delete
  13. Maaf mau tanya bagaimana mengurus kk untuk menambahkan anggota baru/anak tetapi domisili sudah pindah, tetapi ktp belum pindah. Terima masih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika ktp dan kk belum pindah, urus dulu kk dan ktp ditempat asal dan lampirkan surat keterangan akta lahirnya. smga membantu

      Delete
  14. Bu maaf saya mau nanya..
    Saya sudah setahun menikah dan belum punya kk sendiri masih sama2 ikut org tua..dan saya baru punya anak.
    Terus saya mau pindah domisili ditempat yg baru.. Yg diurus dulu, kk atau ktp didomisili yg baru ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentukan dulu mbk domisili dimana, ditempat suami atau tempat lain? lalu jika sudah jelas buat deh surat pindah domisili dari pengantar rt/rw => kelurahan/desa => kecamatan => dukcapil
      kemudian bawa ke kel/desa domisili baru dst sampai ke dukcapil
      jika domisili baru artinya bukan ikut domisili suami ya harus sama2 membuat ditempat masing2/ bisa disatukan lebih dulu lalu tinggal pindah domisili

      Delete
  15. Assalamualaikum....
    Bu sya mau nanya saya kan lagi ngurus pembuatan akte kelahiran tapi nama orang tua saya beda sama yg di ktp di karenakan dulu nama orang tua saya salah karena sekarang udah dibenarin jadi beda sma yg di kk saya yg udah terlanjur duluan jadi sedangkan yg punya orang tua saya baru d benerin jadi pas bikin akte terjadi kesalahan di nama orang tua berbeda sma yg di ktpnya, jadi gimana bu yg harus saya urus dulu dan tapi pas saya nanya sma petugasnya jawabannya membingungkan karna katany " nama nya yg bener yg mana nama orang tuanya,sya jelasin klo kk sma ktp beda karna kk sya udh duluan jadi sedangkan ktp org tua baru di benerin sesuai buku nikah orang tua,dan jawaban petugasnya kalo udah tau slah kenapa ngak di benerin dan benerin dulu kknya di dinas,dan nanti baru kesini lagi" jadi gimana bu yg bener sya bingung soalnya saya liat di google klo perubahan nama datengnya k kelurahan,mohon pencerahan nya bu....


    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam
      Mbak harus tentukan dulu dasar yang paling benar misalnya dalam hal ini adalah buku nikah, nah barulah perbaiki kk lanjut ke ktp kamudian akta lahirnya, prosesnya memang agak panjang jadi harus sabar, lalu biasanya jika akta lahir sudah jadi dan salah maka perubahan akta lahir harus melalui persidangan dan akan mengikuti hasil putusan yg nantinya sebagai lampiran akta yg salah. seperti itu mbk semoga membantu

      Delete
  16. Mbak tanya ya.. Klw bwt kk tambah anak, bisa ga ya langsung ke disdukcapil ya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak bisa, jadi harus dari rt/rw -> kel/desa -> kec -> dukcapil. dukcapil tidak bisa merubah data jika tidak ada dasar yang digunakan sebagai acuan

      Delete
    2. السلام علیکم
      Sy kepala rumah tangga sy mao bikin KK tetapi di KTP sy sudah afa penambahan nama sedangkan di akte kelahiran anak2 sebelumnya nama sy belom ada penambahan..yg sy tanyakan apakah bisa sy bikin KK tanpa merubah nama nama tambahan sy.sebab semua dokumen surat2 sudah atas nama sy yg sudah di tambah...terima kasih

      Delete
  17. mba, saya mau nanya. kan abang dan mpok saya dua-dua nya sudah menikah. lalu saya mau ngeluarin mereka dari kk. karena mereka udh punya kk masing-masing. selain itu saya mau rubah nama saya juga di kk aturan pake F tapi di kk nya pake P. itu gimana ia mba?

    ReplyDelete
  18. ditungu jawabannya mba...

    ReplyDelete
  19. Saya mau tanya, bagaimana caranya apabila saya mau menambahkan seseorang yang tidak punya dokumen supaya bisa masuk di KK saya

    ReplyDelete
  20. @jukidibacajuki : bisa mas dan lebih baik tanpa tambahan nama sebab dokumen harus satu nama, terutama buku nikah jika buku nikah tidak ada tambahan lebih baik sesuai buku nikah saja, so rubah KK dan KTPnya

    @unknow : mohon maaf sy kesulitan membalas jika tidak diberi nama

    ReplyDelete
  21. Saya mau nnya di kk saya tercantum nama saya n istri dibawah nya nama ortu ...tpi nama ortu saya gk ad yg ad cuma nama mertua...cara nya menambahkan nama ortu saya gmna ya ...sdngkan ortu saya kk n ktp nya ilang ...

    ReplyDelete
  22. Saya mau nnya kk saya gk ad nama ortu saya sdngkan istri ad ....mau nambahkan nama ortu saya gmn ...sdngkan ortu saya kk n ktp nya ilang ...n sangat urgent bnget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf Dawan KK yang telah dipecah setelah menikah bisa dirubah apabila status orang tua duda/janda, jika masih bersuami maka KK akan ikut suami dan tidak bisa diikutkan ke anak lagi terkecuali sudah janda/duda
      jika hilang bisa diurus seperti poin nomor 5 pada postingan
      ➮ Menyiapkan persyaratan KK yang rusak / hilang, fc dokumen kependudukan / KTP, surat kehilangan dari polsek
      ➮ Datang ke RT dan RW untuk mengurus surat pengantar perubahan KK
      ➮ Datang ke desa dan mengisi formulir F.1-01, F.1-15 ( Formulir Biodata Penduduk, Formulir Pemohonan KK) ditandatangani lurah / kades
      ➮ Pemohon meneruskan ke kecamatan kemudian di verifikasi dan diterbitkan KK bar

      Delete
  23. Sy mau bikin rek baru ternyata syaratnya kk,dan kk sy harus tercantum nama ibu.masalahnya nama ibu blom tercantum.bgm mengurus kk tersebut?apa hrs ke rt/rw lg.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. apakah yg dimaksud rekening bank? biasanya bank hanya butuh nama ibu kandung saja bukan kk, untuk menambahkan anggota kk ada di point 2 diartikel diatas mbk/mas

      Delete
  24. Askum
    Saya mau masukan anak saya yg baru lahir ke KK mertua saya jadi anggota
    1.mertua perempuan
    2.istri saya
    3.embah
    Dan ternyata si Embah blum punya E ktp.jadi harus REKAM dulu/buat E ktp ya..?trimakasih

    ReplyDelete
  25. saya sudah menikah tp masih ikut kk orangtua dikampung sedangkan suami saya tinggal di jakarta sudah punya kk sendiri sejak blm menikah. Yang mau saya tanyakan untuk mengurus penambahan anggota ke dlm kk suami saya itu bgaimana ya ? (Memasukan saya sbg anggota baru) sekaligus mengubah status suami sya supaya di kk tertulis sudah menikah..? Untuk keterangan dr surat pengantar RT saya harus menjelaskan sperti apa ? Apakah dgn keterangan membuat kk baru atau penambahan anggota baru ? Krna saya takut nanti tetangga pada ngira suami saya itu seorang duda karena blm menikah sudah punya kk sendiri, mohon dijelaskan jika ada yg tau ya.. terima kasih

    ReplyDelete

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish