Pendapatan Perkapita Itu Apa Sih?

Advertisements
Advertisements
Pendapatan Perkapita 

Pendapatan perkapita - Mungkin diantara anda sudah tidak asing dengan kalimat tersebut pendapatan perkapita adalah pendapatan rata-rata penduduk pada waktu tertentu, pendapatan perkapita menjadi salah satu indikator pembangunan yang menunjukkan kesejahtraan masyarakat.

selain itu pendapatan perkapita sering dipergunakan untuk membedakan tingkat kemajuan ekonomi, semakin tinggi pendapatan perkapita maka semakin maju pula ekonomi suatu daerah atau suatu negara.

cara perhitungannya cukup mudah, nilainya diperoleh dengan membagi nilai produk nasional bruto atauu produk domestik bruto tahun tertentu dengan jumlah penduduk pada tahun tersebut.

Manfaat yang diperoleh dari perhitungan pendapatan perkapita diantaranya :
  1. Mengetahui Struktur perekonomian : dari perhitunagn pendapatan tersebut dapat digolongkan suatu negara, provinsi maupun daerah termasuk kedalam sektor apa, apakah pertanian, peternakan, pariwisata, jasa dll, juga dapat digunakan untuk mengetahui besarnya sektor sektor tersebut, selain itu dapat menghitung pendapatan dikabupaten berupa Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB)
  2. membandingkan perekonomian antar daerah : data perhitungan dapat digunakan untuk membandingkan perekonomian suatu negara, provinsi, maupun daerah perbandingan tersebut untuk menilai seberapa jauh ketinggalan atau kemajuan dibandingkan dengan derah yang lain
  3. Membantu merumuskan kebijakan pemerintah seperti memperhatikan sektor yang potensial, kebijakan kependudukan dan penggunaan dana investasi.
  4. Sebagai pembanding kemajuan perekonomian dari waktu ke waktu : perhitungan pendapatan tersebut biasanya dilakukan setiap tahun, sehigga dapat digunakan sebagai pembanding dari tahun ketahun untuk mengukur tingkat perkembangan pendapatan beberapa yang diharapkan diantaranya
  • Apakah aktifitas perekonomian mengalami kenaikan atu penurunan
  • Ada tidaknya perubahan struktur ekonomi
  • penambahan atau pengurangan kemakmuran
  • Kenaikan atau penurunan pendapatan perkapita berdasarkan jumlah penduduknya
  • Penambahan atau penurunan jumlah dan jenis lapangan kerja
demikian beberapa pengertian dan manfaat perhitungan pendapatan perkapita bagi suatu daerah, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.
Advertisements

Artikel Terkait Pendapatan Perkapita Itu Apa Sih? :

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

< >