Pengertian Kredit dan Konsepnya

Advertisements
Advertisements
Konsep Kredit, Debitur, Kreditor
Taukah anda filem spongebob Squarepants yang digemari anak-anak tentu juga tahu bukan bos dari Spongebob, ya Mr. Krab yang punya banyak uang, ia memiliki restoran dengan uang yang melimpah meskipun kadang sepi pembeli, jika Mr. Krab hanya menyimpan uangnya dan tidak berusaha memutarnya tentu uang tersebut akan habis hanya untuk dikonsumsi.

jika melirik dunia perbankkan bank menyimpan uang sangat besar, dan uang tersebut adalah milik nasabah jika hanya sekedar menyimpannya maka bank akan merugi karena tidak dapat membayar bunga tabungan maupun deposito para nasabahnya karena uang yang disimpan tidak produktif, maka bank menyalurkan uangnya dalam bentuk pinjaman (kredit).

Kredit bersala dari kata credere (bahasa yunani) yang artinya kepercayaan, seseorang yang memberikan pinjaman sejumlah uang kepada pihak lain untuk dipergunakan dan akan dibayar dalam waktu dan tempo yang telah disepakati, yang memberikan pinjaman disebut sebagai kreditor dan yang diberi kepercayaan uttum meminjam adalah debitur.

beberapa unsur yang terkandung dalam konsep kredit antara lain
  1. Kepercayaan : kepercayaan seseorang untuk memberikan pinjamannya kepada orang lain dengan menepati janji akan mengembalikannya dalam waktu tertentu sesuai dengan perjanjian semula
  2. Waktu : kredit memiliki tenggang waktu dalam hal peminjaman maupun pengembaliannya
  3. Risiko : Resiko dalam kredit adalah memungkinkan pinjaman yang telah diberikan tidak kembali artinya bahwa kredit juga memiliki resiko kerugian.
  4. Imbalan : bunga merupakan imbalan bagi pemberi pinjaman atas jasanya yang telah memberikan pinjaman uang
Dari pengertian tersebut maka dapat dipahami bahwa kredit dipergunakan untuk memutar uang agar simpanan uang tetap produktif meskipun kredit memiliki resiko tidak tertagih namun kredit mepunyai fungsi dan peranan dalam sebuah perekonomian suatu negara dalam hal untuk meningkatkan kegiatan usaha dan kegiatan konsumsi.

semoga artikel ini dapat memberi pengetahuan pada pembaca tentang arti sebuah kredit, semoga bermanfaat
Advertisements

Artikel Terkait Pengertian Kredit dan Konsepnya :

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

< >