Cara Mengurus Surat Pindah dan Membuat KK Baru Untuk Yang Baru Menikah

Advertisements
Advertisements
Pernikahan akan menyatukan dua insan yang nanti akan membentuk keluarga baru, setelah menikah maka harus mengurus beberapa surat seperti KK, dan KTP, jika KK anda sebelumnya berstatus sebagai anak maka setelah menikah status akan berubah menjadi Istri atau Suami, dan jika pada KTP berstatus belum menikah setelah menikah maka akan berubah menjadi status menikah.

Cara Mengurus Surat Pindah dan Membuat KK Baru Untuk Yang Baru Menikah

Sangat penting sekali mengurus KK dan KTP karena segala administrasi akan dimulai dari KK dan KTP, jika anda akan membuat SIM maka anda perlu KTP, Mendaftar BPJS menggunakan KK dan hampir semua pengurusan administrasi anda akan selalu terkait dengan KTP dan KK oleh karena itu segeralah mengurusnya.

Persyaratannya sebagai berikut ini :
1. Foto Copy Surat Nikah/Akta Nikah
2. Surat keterangan pindah atau surat keterangan pindah datang bagi penduduk yang pindah dalam wilayah Indonesia
3. Surat Keterangan datang dari Luar negeri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana bagi warga negara indonesia yang datang dari luar negeri karena pindah
4. KK lama
5. KTP suami dan istri
6. Pas Foto 3 x 4

Alurnya adalah
> Datang ke RT atau RW memohon untuk dibuatkan surat pengantar ke desa atau kelurahan untuk keperluan penerbitan surat keterangan pindah untuk pengurusan KK baru, sekaligus memecah KK karena menikah dan ingin membuat KK sendiri sesuai alamat yang ditinggali nanti,
> Di kelurahan atau desa anda akan mengisi form permohonan (F1-01) yang nantinya ditandatangani oleh kepala desa atau lurah
> Kemudian surat yang dari desa akan diteruskan ke kecamatan untuk mengisi form dan ditandatangani camat setempat,
> Bawa surat tersebut ke kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (DISPENDUKCAPIL) disana akan diminta KTP istri dan KK yang akan ditarik dimana istri telah dikeluarkan dari keluarga, kemudian anda akan mendapatkan surat pindah domisili yang aktif selama 30 hari
> Bawa surat tersebut ke desa atau kelurahan yang akan ditinggali proses ini sama alurnya seperti diatas RT/RW>Desa/Kelurahan>Kecamatan
> Setelah lengkap bawa ke DISPENDUKCAPIL maka akan diproses KK, KTP yang baru

Prosesnya mungkin ada perbedaan setiap daerah, baik persyaratan ataupun alur serta biaya yang diperlukan, diperlukan waktu kurang lebih satu minggu pengurusan sampai dengan selesai. Demikian cara mengurus surat pindah dan membuat KK baru untuk yang baru menikah, semoga membantu
Advertisements

Artikel Terkait Cara Mengurus Surat Pindah dan Membuat KK Baru Untuk Yang Baru Menikah :

26 komentar

terimakasih.cukup membantu

Sama-sama, terimakasih telah berkunjung di blog ini

Gemana kalok kknya hilang mbak ktp ada tapi yg lama

Terimakasih atas pertanyaan saudara, untuk kasus KK hilang sepertinya harus mengulang dari awal pembuatan KK, setelah KK selesai baru pembuatan e-KTP sekaligus pindah Domisili, sebab KK adalah dasar pembuatan e-KTP dan pecah KK baru. semoga membantu

kalo utk suami yg sdh menikah lagi dan ingin buat kk baru dgn istri baru , bagaimana ?

Terimakasih atas pertanyaan saudari.
Untuk membuat KK baru bagi yang sudah pernah menikah dan menikah lagi pembuatannya seperti awal, persyaratan yang harus disiapkan sebagai berikut :
1. Surat Pengantar RT/RW
2. Surat Pengantar dari Desa atau kelurahan yang diketahui oleh Kecamatan
3. FC surat nikah bagi yang sudah menikah
4. KK lama
5. Surat Keterangan Pindah bagi penduduk yang pindah
6. Kutipan Akta Perceraian, Asli dan Fotokopi
selebihnya diurus di DISPENDUKCAPIL
Semoga membantu

Mbk numpang tanya kalau ingin bikin Kk tapi tidak punya KTP bagaimna,, karena baru pulang kerja dari luar negeri.. mkshhh kalau mau jawab

Terimakasih panca sudah mampir di blog ini..,
Persyaratan untuk membuat E-KTP adalah Foto Copy KK dan Surat pengantar RT/RW, artinya antara pembuatan KK dan KTP lebih dulu membuat KK barulah membuat KTP, jadi silahkan membuat KK lebih dulu. semoga jawabannya membantu

mba saya mau tanya, saya mau bikin KK baru karna baru menikah, untuk domisili cimahi, kemarin suami sudah bikin surat pindah sampe ke kecamatan.. nah pas sms ke no di atas untuk minta no antrian ke dinas kependudukan..
ada balasan

pelayanan pindah datang ke kota bandung di alihkan ke masing masing kecamatan sesuai domisili..

maksud nya gmn ya? trus proses yg saya harus lakuin selanjut nya kemana ya mba?

Terimakasih sudah mampir di blog ini
Begini mbak fitri saya belum faham yang pindah mbak fitri atau suami, jika yang pindah suami maka dari kecamatan tempat tinggal suami langsung saja dibawa ke kecamatan tempat tinggal yang dituju atau tempat tinggal istri, jika yang pindah mbk fitri ke tempat suami maka sebaliknya., semoga membantu

mbak, untuk persoalan saya.. kami sudah menikah dan untuk status istri serta anak sudah jadi dalam satu kk, dimana EKTP istri juga sudah brubah statusnya menjadi istri, sedangkan saya masih bersetatus single dan EKTP saya dari tulung agung jawa timur. EKTP istri dari Batam.. persoalan saya. bagaimana saya hendak menyatukan nama saya di KK yang istri punya sebab KK istri sudah jadi satu dengan anak saya.

terima kaish

Terimakasih bapak sudah mampir dan bertanya disini, pertama KK adalah dasar dari pembuatan E-KTP, untuk itu mohon dipastikan apakah bapak yang pindah ke batam ataukah istri yang pindah ke tulung agung? jika bapak yang pindah ke batam maka harus mengurus surat keterangan pindah untuk diterbitkan surat keterangan pindah datang (SKPD)dan selanjutnya diteruskan ke tempat yang dituju, jika istri yang pindah ke tulung agung maka sebaliknya, saat ini E-ktp sudah mendukung untuk perpindahan secara online di masing - masing dispendukcapil dengan melengkapi Surat Keterangan Pindah (SKP), barulah akan diterbitkan KK dan E-ktp baru sesuai alamat yang dituju, berikut cara lengkap membuat KK baru, penambahan, pengurangan, perubahan, hilang atau rusak terimakasih semoga membantu

Mau tanya donk,kalo no nik kk dan ktp beda gmn cara benerinnya ya?
(Bln lahirnya beda,di ktp bln 03 di kk bln 06)

Kalau saya mau keluar dari KK mantan suami saya dan mengurus surat pindah bagaimana mba prosedurnya , makasih...-

Thanks barvi sudah berkunjung
untuk permasalahan barvi tentang no NIK KK dan KTP yang beda barvi harus melakukan perbaikan KTP-el dan yang dapat memperbaiki NIK pada KTP-el adalah pusat jadi harus mengurusnya dari tingkat RT sampai ke DISPENDUKCAPIL. apakah yang benar KTP atau KK barvi tidak menyebutkan, namun jika yang salah adalah KK maka hanya perlu mengurus perubahan KK saja. smga membantu

Oke mbak lily, prosedurnya adalah membuat surat pindah datang lebih dulu dari tempat asal, mulai rt/rw ke desa dan kecamatan, lalu dilanjutkan ke dispendukcapil, persyaratanya adalah KK lama, KTP dan akta cerai jika persyaratan lengkap maka akan dibuatkan KK baru sesuai alamat kepindahan.

Bagaimana pengurusan KK klu menikah di kota/kabupaten lain dan alamat suami istri berbeda (pengurusan KK di alamat suami)

Bagaimana pengurusan KK jika Menikah di kota/ kabupaten lain dan alamat suami istri TDK sama ???

Ex ; menikah di kota/kabupate A (alamat istri )
Buat KK di kota/kabupaten B (alamat suami)

Thanks mbak jeklin tonapa, pertanyaanya bagus sekali.., begini jika hendak melakukan pernikahan dikota lain yang alamatnya sama - sama beda maka kedua pasangan harus membuat surat numpang nikah, barulah kemudian mengurus perubahan KK bila memungkinkan bisa diurus bersamaan dengan surat pindah jadi akan lebih mudah

Untuk membuat KK setelah menikah dialamat suami, istri harus membuat surat pindah domisili ke alamat suami lalu diteruskan ke RT, Kelurahan, Kecamatan jika persyaratan sudah lengkap akan diterbitkan KK baru sesuai status dan domisili yang baru

Mohon ijin bertanya, saya sudah punya KK baru dengan suami, tapi KTP nya belum ganti. Itu apakah memang harus urus lagi untuk KTP nya saja? Sebab di artikel disebut terbita barunya berupa KK dan KTP, sedang saya hanya dapat KK baru saja.

Maaf mbak baru sempat balas, karena sudah membuat KK baru, harusnya pada saat dibuatkan KK juga sekaligus diterbitkan KTP-el yang baru, karena status dan perubahan alamat domisili salah satu pasangan, untuk itu segera lakukan perubahan status KTP-el prosedurnya sama seperti membuat KTP-el hanya saja tidak lagi dilakukan perekaman. semoga membantu

Halo mba.. kiranya berkenan menjawab pertanyaan saya.. sy ingin buat kk baru utk sy n anak sy.. dmn kk lama sy msh lengkap anggota keluarganya pdhl ke2 ortu sy sdh meninggal n kakak2 sy dah pny kk masing2.. gmn cara membuat kk yg br utk sy n anak sy.. thx..

Mbk/Mas pada saat menikah harusnya sudah ganti KK baru dan otomatis dikeluarkan dari KK yang lama, untuk membuat KK dengan anak maka tinggal mengurus pengurangan anggota keluarga dengan melampirkan akta cerai, jika proses diatas belum dilakukan maka harus membuat KK seperti awal hanya saja tetap melampirkan Akta cerai jika sudah bercerai, thanks..,

mba klo buat kk baru beda kelurahan tpi sama kecamatan bagai man mohon infonya

Thanks mbak sudah berkunjung ke blog ini
Mbk laras membuat surat pindah datang dulu antar kelurahan dalam satu kecamatan dari tempat asal, kemudian membuat surat permohonan KK baru di RT/RW tujuan dan diteruskan ke Kelurahan Tujuan dengan membawa KTP, KK asli dan surat pindah, kemudian ke kecamatan dan akan dibuatkan KK dan KTP baru sesuai alamat yg dituju, mungkin ada beberapa tahapan yg berbeda pada setiap daerah
ringkasnya RT/RW asal > Kelurahan Asal > RT/RW tujuan > Kelurahan Tujuan > Kecamatan tujuan > selesai

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

< >