5 Tahapan Yang Dilalui Saat Kehilangan

Advertisements
Advertisements

5 Tahapan Yang Dilalui Saat Kehilangan


Tahap Kehilangan

Setiap orang pasti pernah merasakan kehilangan, baik itu kehilangan seseorang yang sangat berarti bagi hidup kita ataupun kehilangan sesuatu barang baik itu berupa benda atau yang lainya yang kita sayangi layaknya menyayangi tubuh kita sendiri. Pada artikel kali ini penulis akan membagi informasi mengenai tahapan kehilangan, kebetulan kemarin penulis telah kehilangan sebuah charger hand phone pada saat tour di bali.

Memang sangat sepele, padahal charger bisa kita beli dimana saja baik di counter, dan bisa juga beli di gerai handphone. Yang saya maksudkan disini bukan masalah kehilanganya ataupun cara mendapatkan charger itu kembali, akan tetapi yang akan saya telaah lebih lanjut adalah respon saat kehilangan benda tersebut.
Pada dasarnya kehilangan adalah suatu keadaan yang membuat seseorang merasa seperti berpisah dengan objek yang menjadi kehilangan tersebut. Kehilangan bisa bermacam-macam jenisnya seperti kehilangan objek karena dicuri atau ketinggalan, kehilangan aspek diri yang berupa anggota tubuh, kehilangan hidup seperti kehilangan keluarga atau teman, kehilangan lingkungan seperti kehilangan pekerjaan, dan kehilangan sesuatu atau seseorang seperti kehilangan sahabat akrab karna kepergianya. Dengan adanya kehilangan setiap individu akan mengalami suatu respon yang di alaminya, dan akan melalui beberapa tahap sebagai berikut.

5 Tahapan Yang Dilalui Saat Kehilangan

Tahap Pengingkaran

Tahap ini merupakan tahap yang pertama terjadi pada individu yang kehilangan, biasanya seseorang akan mengingkari bahwa dia sudah kehilangan dan cenderung mengingkari kenyataan yang terjadi yang berakibat dapat menyebabkan gelisah, menangis, pucat dan lain sebagainya. Seperti kejadian penulis kemarin yang telah kehilangan, penulis merasa sudah meletakkan barang tersebut dengan benar yaitu ditempatkan di tas, tapi sesampainya dirumah barang itu tidak ada waktu dicari dan penulispun yakin telah meletakkan di tasnya. Dan itulah yang disebut dengan tahap pengingkaran.

Tahap Marah
Setelah tahap pengingkaran yang terjadi selanjutnya adalah tahap marah karena menolak kenyataan bahwa sudah kehilangan yang mengakibatkan marah terhadap diri sendiri dan terkadang bisa melampiaskan pada orang lain.sehingga membuat individu tersebut menjadi susah tidur, dan menjadi tidak tenang karena telah kehilangan. Penulis juga merasakan hal itu juga, penulis menjadi susah tidur, tidak tenang dan juga terkadang merenung.

Tahap Tawar Menawar
Tahap tawar menawar yang dimaksudkan adalah individu seperti mengalami penundaan kesadaran memikirkan bahwasanya kehilangan tersebut bisa dicegah. Seperti kemarin penulis memohon kepada Tuhan, agar charger bisa kembali atau kebetulan ada seorang teman yang menemukan lalu di kembalikan.

Tahap Depresi
Tahap depresi ini biasanya seseorang akan menjadi putus asa, menarik diri terhadap lingkunganya, dan terkadang juga tidak mau bicara. Penulis juga melalui tahap ini karena kemarin penulis sudah mencari barang tersebut dimana-mana ternyata hasilnya nihil yang terjadi adalah rasa putus asa dan terdiam.

Tahap Penerimaan
Tahap penerimaan adalah tahap yang terakhir yang dirasakan seseorang setelah kehilangan. Pada tahap penerimaan ini individu akan mulai berkurang pemikirang kehilangan pada objek yang hilang dan juga mulai menerima kenyataan bahwa telah kehilangan. Tahap ini juga dirasakan penulis, penulis sadar dan telah menerima keadaan yang terjadi sehingga penulis akan lebih berhati-hati.
Advertisements

Artikel Terkait 5 Tahapan Yang Dilalui Saat Kehilangan :

=> Silahkan berkomentar sesuai dengan topik artikel
=> Komentar dengan link tidak akan dipublish

< >